Friday 13 June 2014

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya


Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Bagian-bagian serta fungsi dari komputer perlu sobat ketahui sebelum sobat menjalankan atau memulai mengoperasikan sebuah komputer, Pengertian Komputer secara sederhana  sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Komputer biasanya memiliki beberapa perangkat, seperti perangkat input, perangkat output, maupun perangkat proses. Berikut ini adalah penjelasan buat sobat mengenai perangkat-perangkat komputer yang tadi telah disebutkan.


1.  Perangkat Input

Peralatan input pada komputer merupakan perangkat yang memberikan perintah atau data langsung ke peralatan proses pada komputer untuk diproses kemudian dikeluarkan berupa informasi kepada pengguna. Peralatan input merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting dikarenakan perangkat input langsung berhubungan dengan user atau pengguna komputer. Berikut adalah macam-macam peralatan input yang umumnya terdapat pada sebuah komputer beserta fungsi dari masing-masing komponen tersebut
-   Mouse 
Mouse merupakan alat penunjuk ( screen pointing device) pada computer. Selain menggerakkan kursor, mouse juga dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti enter dan fungsi Select pada keyboard.

Keyboard

Keyboard merupakan perangakat masukan ynag menyerupai mesin ketik yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks (huruf,angka,tanda baca, atau karakter). Penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard berjumlah 104 tombol. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, PS/2, USB, dan wireless. Jenis-jenis keyboard, yaitu: QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG.
Joystick merupakan perangkat keras pada computer yang biasanya digunakan untuk game computer. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor.

Trackball
Trackball adalah perangkat input yang memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan mouse. Bedanya jika ingin menggerakkan pointer mouse dilayar diperlukan pergeseran mouse, sedangkan trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball kearah yang dikehendaki dengan jari.


2.  Perangkat Output

Perangkat output berfungsi sebagai mengeluarkan data yang telah di-inputkan oleh perangkat Input Device. sebagai hasil final tampilan dari data/perintah yang telah di proses oleh sistem komputer. output yang di keluarkan bisa dalam berbagai bentuk misalnya gambar, huruf, angka, symbol dan suara, contoh perangkat output :
 
Monitor 
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). 

Printer
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis.

- Plotter
Memiliki fungsi seperti printer, namun plotter digunakan untuk mencetak dokumen yang berukuran lebih besar.

-  Speaker
Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.

3.  Perangkat Proses

Sebagai otak dan pengendali proses kinerja  komputer, dengan dibantu komponen  lainnya.

-  ALU (Arithmetic Logical Unit) 
Berfungsi untuk melakukan suatu proses  data yang berbentuk angka dan logika,  seperti data matematika dan statistika. 

-  CU (Control Unit) 
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan  dan pengendalian terhadap suatu proses  yang dilakukan sebelum data tersebut  dikeluarkan.

-  Motherboard 
Sebagai pusat pengendali yang mengatur  kerja dari semua komponen yang  terpasang padanya serta mengatur  pemberian daya listrik pada setiap  komponen PC. 

-  Processor 
Berfungsi sebagai pengolah data serta  membaca instruksi dari memori tentang  apa yang harus dilakukan dan  mengeksekusinya 

-  Cache Memory 
Untuk meningkatkan kecepatan  komputerdan dikatakan sebagai memori  perantara

No comments:

Post a Comment